21 Contoh Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

21 Contoh Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan - Selamat Datang Di Informasi Bisnis dan Budidaya Dalam web KICKBISNIS.COM, anda akan menemukan berbagai macam peluang bisnis dan usaha yang menjanjikan peningkatan perekonomian keluarga anda. Info yang anda temukan pada kami kai ini adalah 21 Contoh Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan, Siahkan anda simak baik baik ulasan peluang usaha yang akan kami sampaikan di bawah ini , Semoga saja tulisan ini cocok dengan apa yang anda cari selama ini. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

lihat juga


21 Contoh Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

Contoh ide peluang bisnis usaha bagi mahasiswa yang menguntungkan dan pasti menjanjikan untuk dijalani. - Menjadi seorang mahasiswa adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan bagi kita semua dan mungkin tidak akan terlupakan indahnya pernah menjadi seorang mahasiswa di salah satu kampus ternama.

Namun bagi kita yang termasuk salah satu mahasiswa yang kreatif dan inovatif, selain untuk menimba ilmu, mencari teman, mencari relasi, mencari pacar / selingkuhan, mencari pengalaman berorganisasi, dan mencari yang lainnya, universitas / kampus juga dapat kita manfaatkan menjadi sebuah peluang usaha atau bisa menjadi pekerjaan sampingan buat sobat sekalian.

Banyak sekali mahasiswa yang telah sukses dan berhasil dalam membangun sebuah bisnis, dimana bisnis tersebut dimulai dan dirintis dari ruang lingkup kampus / universitas mereka. Maka dari itu, pada artikel kali ini, saya akan membahas peluang bisnis usaha yang cukup menguntungkan dan menggiurkan untuk dijalankan bagi sobat sekalian yang masih duduk di bangku kuliah (mahasiswa).

Peluang usaha ini, dapat sobat jalankan pada saat sobat berada dikampus, di kos - kosan, dirumah pada saat senggang, atau dimanapun sobat berada. Relatif dan flexibel menyesuaikan waktu sobat sekalian sebagai seorang mahasiswa yang super duper sibuk.


Rekomendasi ide usaha untuk mahasiswa


21 Ide / Rekomendasi Usaha Untuk Seorang Mahasiswa


Pada saat sekarang ini, dimana Indonesia relatif didominasi usia muda. Dimana sebagian besar dari usia muda di Indonesia saat ini adalah berstatus sebagai mahasiswa. Sebagian besar dari mahasiswa - mahasiswi tersebut, terkadang tidak memanfaatkan waktu untuk belajar memulai sebuah bisnis usaha sebagai wirausahawan pemula.

Dikarenakan hal tersebut diatas, maka pada kesempatan ini saya akan membagikan contoh dan ide peluang usaha yang cocok untuk dijalankan bagi sobat sekalian yang mempunyai gelar sebagai seorang mahasiswa. Tanpa banyak cerita lagi, simak 21 contoh ide peluang usaha untuk seorang mahasiswa dibawah ini sob.

Harap di ingat serta jangan dilupakan, agar sobat sekalian jangan cuma hanya membaca artikel ini saja ya sob. Cobalah dan memberanikan diri untuk memulai sebuah usaha / bisnis yang sesuai dengan minat, bakat, keahlian, hobi dan skill yang sobat sekalian punya. Kalau tidak dari sekarang kapan lagi sob?


1. Peluang Usaha Berjualan Online


Era sekarang adalah era e - commerce. Kita dapat memanfaatkan dari kemajuan sebuah era tersebut sebagai peluang usaha. Agar sobat ketahui, bisnis berjualan online ini sudah sangat trend di 10 tahun terakhir ini. Dimana trend ini akan meningkat dan terus positif seiring dengan waktu yang berlalu. Ada banyak cara dan media untuk berbisnis jualan online ini sob.

Produk dan jasanya juga ada banyak macam - macamnya. Mulai dari berjualan online fashion, aksesoris, peralatan komputer, dropshipper dan reseller online untuk suatu produk, dan lain sebagainya.

Sesuaikan dengan minat dan hobi sobat. Sebab jika sobat hanya berjualan online tanpa mengenal produk yang akan sobat jual / tawarkan atau hanya mengikuti trend saja, maka usaha berjualan online ini tidak akan berkembang dan akan jalan ditempat.


2. Menjadi Guru Les Privat Panggilan atau Disebuah Lembaga Les Privat


Peluang usaha ini cocok bagi sobat yang sekarang lagi menjalankan kuliah di fakultas FKIP, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk sobat sekalian yang berada di fakultas - fakultas lainnya. Peluang usaha ini dapat sobat jalankan sebagai guru les panggilan privat dari rumah kerumah, ataupun melamar pekerjaan pada les privat di kota / kabupaten tempat tinggal sobat saat ini.

Hampir tidak ada modal yang kita keluarkan dalam menjalankan usaha ini. Dengan menjalankan peluang usaha ini sangat banyak manfaatnya bagi kita sob. Disamping kita mendapatkan penghasilan, kita juga akan mendapatkan pahala dari membagikan ilmu yang kita punyai, bisa jadi juga kita akan mendapatkan relasi untuk pekerjaan disaat kita lulus dari kampus nantinya (biasanya orang tua dari murid yang mengikuti privat tersebut, akan menawarkan pekerjaan buat kita pada saat kita lulus).


3. Usaha Kaos / T-shirt


Peluang usaha selanjutnya adalah bisnis usaha kaos. Sobat sekalian dapat memulai usaha ini dari kaos angkatan, baik itu kaos per tahun angkatan program studi ataupun kaos per tahun angkatan fakultas. Mulailah dari ruang lingkup program studi angkatan sobat sendiri, kemudian naik ke jenjang fakultas dan terakhir perluas jaringan sobat ke tingkat daerah serta nasional.

Sobat juga dapat menjual atau sistem menitip (jika kaos laku maka akan dibayar, jika kaos tidak laku maka akan dikembalikan kaos tersebut) kaos - kaos hasil karya sobat ini di distro, mall, supermarket, toko online, ataupun memasarkannya sendiri.

Untuk menjalankan usaha ini, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian sobat sekalian, diantaranya.
  • Menguasai cara sablon kaos.
  • Rekomendasi produsen kaos polos yang berkualitas dan yang termurah.
  • Modal untuk pembelian semua peralatan sablon.
  • Kreatif dan inovatif dalam hal design.
  • Mengikuti trend fashion yang lagi berkembang.


4. Usaha Jasa Pengetikan


Peluang usaha jasa pengetikan sangat cocok bagi sobat yang mempunyai skill / kemampuan mengetik secara cepat, tepat waktu dan sedikit kesalahan. Banyak sekali yang membutuhkan jasa pengetikan ini sob, mulai dari pengetikan undangan (baik undangan pernikahan, undangan ulang tahun, undangan acara syukuran dan lain sebagainya), jasa pengetikan makalah, proposal, skripsi, dan lain sebagainya. Sobat sekalian dapat merekrut seorang teman jika kebanjiran proyek yang banyak disaat ada mata kuliah di kampus.

Modal untuk membuka usaha jasa pengetikan ini relatif tidak banyak kok sob. Sobat hanya menyiapkan alat berupa laptop / komputer, printer, tinta printer, serta kertas. Komisi yang didapatkan pun sangat menggiurkan untuk jenis usaha jasa pengetikan ini sob.


5.Usaha Berjualan Pulsa dan Paket Data Internet


Peluang usaha selanjutnya adalahh berjualan pulsa dan paket data internet. Usaha ini sangat mudah dan murah untuk dijalankan sob, serta sudah ada banyak peminatnya. Hampir setiap mahasiswa / mahasiswi pasti memiliki handphone / smartphone.

Yup, sobat tinggal menawarkannya saja kepada teman - teman satu angkatan, satu program studi, satu fakultas, serta satu kampus dengan sobat.

Jangan anggap remeh bisnis usaha jualan pulsa ini sob, walaupun dengan margin keuntungan diantara Rp.1000 sampai Rp.5000 per transaksi, jika sobat mampu menjual pulsa ini sampai ke 50 orang per hari, tinggal dikalikan saja keuntungannya. Itu perhari lho sob, dan satu bulan ada 30 hari.

Disini sobat harus mencari produsen pulsa dan produsen kuota internet yang murah, terpercaya dan tidak sering mengalami gangguan dalam hal pengiriman pulsa. Promosikan usaha jual pulsa dan internet sobat ini melalui selebaran / poster yang tertempel di dinding - dinding yang biasa terlihat banyak orang yang melewatinya, melalui kantin per fakultas, grup atau komunitas per angkatan / per fakultas ataupun dari mulut ke mulut.


6. Bisnis Menjadi Penulis


Faktanya, usaha ini sangat mudah untuk dijalankan bagi sobat sekalian yang hobi menulis. Berbeda dengan usaha jasa pengetikan, bisnis menjadi penulis ini dapat sobat jalankan melalui hasil kerjasama dengan media - media lainnya ataupun membuat sebuah karya tulisan sendiri melalui media online ataupun offline milik sendiri.

  • Penulis di salah satu media.

Sobat dapat memulai melamar ke salah satu media yang telah banyak pembacanya, baik itu media online maupun media offline. Buatlah hasil tulisan yang sesuai dengan minat dan bakat sobat. Banyak media yang membutuhkan jasa penulis lepas. Komisi yang ditawarkan pun lumayan besar kok sob. Serta keuntungan menjadi seorang penulis lepas yaitu sobat tidak terikat di satu media saja serta bisa mendapatkan komisi dari berbagai media sekaligus.

  • Membuat tulisan melalui media kepunyaan sendiri.

Sobat dapat memulai usaha ini baik itu melalui media online ataupun offline. Peluangnya pun sama - sama menjanjikan dengan diatas.

Jika sobat berminat untuk menjadi penulis di media online milik sendiri, sobat dapat memulai dengan membuat sebuah blog / website milik sendiri. Tentukan tema yang sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan sobat. Untuk lebih jelasnya, sobat dapat membaca di artikel saya 4 Tahapan Simple Dalam Membuat Blog.

Kemudian, jika sobat lebih tertarik dalam membuat tulisan melalui media offline. Sobat dapat memulai untuk membangun karya tulisan ini melalui kerja sama dengan media - media cetak (baik itu majalah, koran, novel, dan lain sebagainya). Jika sobat telah memiliki banyak pembaca setia tulisan sobat ini, barulah sobat membuat hasil karya sendiri melalui sebuah novel, wall sendiri di salah satu majalah, buku cerita berseri, komik cerita animasi dan lain sebagainya.


7. Usaha Jasa Design Grafis


Usaha ini sangat cocok bagi sobat yang mempunyai keahlian dalam bidang design dan teknologi. Banyak orang yang membutuhkan jasa design grafis yang handal. Misalnya, design untuk kaos / t - shirt, presentasi, kartu nama pribadi atau instansi (baik online maupun offline), lukisan, anime, dan lain sebagainya sob.

Disamping tidak terlalu memakan banyak waktu untuk jasa ini, komisi yang ditawarkan juga lumayan besar lho. Sobat juga dapat menjual hasil karya design milik sobat ini melalui media - media online penyedia jasa design. Banyak kok media - media jasa design online ini, silahkan cari saja di google ya sob. Sobat sekalian juga dapat membuat sebuah website penyedia jasa design milik sendiri. Atau promosi melalui komunitas / grup yang bersinggungan / berhubungan langsung dengan design grafis ini.

Sudah ada banyak media - media online yang membahas tentang design grafis ini kok sob, so sobat sekalian dapat belajar dan mengembangkan skill sobat mengenai design grafis ini.


8. Peluang Usaha Jasa Penerjemah


Peluang usaha berikutnya adalah membuka jasa penerjemah, baik itu melalui online ataupun offline. Peluang usaha sampingan ini dapat sobat mulai, jika sobat sekalian memiliki keahlian di berbagai bidang bahasa. Misalnya, bahasa mandarin, bahasa jepang, bahasa spanyol, bahasa prancis, dan bahasa lain sebagainya.

Bisnis sampingan tanpa modal ini, sangat diminati banyak mahasiswa yang memiliki keahlian di bidang bahasa serta sobat yang pada saat ini sedang kuliah di jurusan bahasa. Sobat dapat memulai jasa penerjemah ini melalui teman - teman sobat, baik itu teman secara real ataupun teman di dunia maya.

Sobat juga dapat memulai usaha ini dengan bergabung ke komunitas bahasa yang digeluti sobat sekalian, dan bertanya pada komunitas tersebut untuk mendapatkan informasi tentang usaha sampingan penerjemah ini.

Atau pun sobat dapat mendaftar ke penyedia aplikasi untuk jasa penerjemah ini sob. Disana sobat akan mendapatkan banyak job untuk jasa penerjemah. Komisi yang didapatkan relatif kok sob, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Kecuali jika sobat sekalian telah menjadi jasa penerjemah profesional.


9. Peluang Usaha Jasa Printing


Peluang usaha yang menjanjikan berikutnya adalah membuka usaha jasa printing. Usaha jasa printing ini tidak ada matinya sob, alasannya adalah tugas kuliah yang bejibun. Yup, dikarenakan banyaknya tugas kuliah yang diberikan dosen - dosen ini (baik dosen yang tua dan muda), membuat kita untuk memanfaatkannya menjadi sebuah peluang usaha. Tidak seluruh mahasiswa memiliki printer sob, maka dari itu sobat dapat menyediakan jasa printing ini.

Modalnya pun tidak terlalu besar untuk membuka usaha jasa printing ini, dimana sobat cuma menyediakan sebuah komputer / laptop, kertas / paper, tinta printer dan mesin printer. Keuntungan yang ditawarkan untuk usaha jasa printing ini juga cukup menggiurkan kok sob.

Sobat dapat memulai usaha jasa ini dari ruang lingkup jurusan / program studi sobat terlebih dahulu, kemudian naik ke tingkat fakultas, jika sudah banyak yang percaya dengan output / hasil printing sobat, barulah sobat up ke tingkat universitas / kampus.


10. Usaha Ojek Online


Mungkin sobat bertanya, kenapa harus usaha ojek online? Ojek online merupakan salah satu usaha sampingan yang lagi trend pada saat ini kok sob. Manfaatkanlah waktu senggang sobat, toh di usaha ojek online ini tidak ada targetnya juga kok.

Jangan pernah malu untuk menjalankan usaha ojek online ini sob, soalnya jika sobat melihat hasil dari ojek online ini, pastilah sobat akan merasa puas akan keringat yang telah sobat keluarkan.

Modal untuk menjalankan usaha ini relatif menengah kok sob, yaitu sobat harus memiliki sebuah sepeda motor dan sebuah smartphone yang terkoneksi langsung dengan internet. Jikalau sobat telah memiliki sepeda motor, saya rasa untuk membuka usaha ini tidak terlalu berat lagi bagi sobat sekalian.


11. Jasa Servis Laptop / Komputer


Peluang usaha selanjutnya adalah usaha jasa service komputer / laptop sob. Usaha ini ditujukan bagi sobat yang mengerti akan komponen - komponen (baik itu hardware maupun software) dan kerusakan dari sebuah komputer / laptop. Lebih dari setengahnya, dari seluruh mahasiswa di universitas sobat, pasti memiliki sebuah komputer / laptop. Yup, mungkin lebih setengahnya dari mereka yang memiliki komputer / laptop ini, tidak mengetahui apa yang harus dilakukan jika komputer / laptopnya rusak atau tidak bisa berfungsi lagi.

Untuk menjalankan usaha ini, sobat harus memiliki keahlian dibidang software ataupun hardware dari perangkat komputer / laptop ini sob. Peralatan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak, seperti tang, obeng (+ / -), kuas, aplikasi, cd instal, dan lain sebagainya. Berikan garansi pada konsumen sobat, hal ini ditujukan untuk persaingan mendapatkan kepercayaan konsumen dengan usaha jasa serupa yang disekitar sobat.


12. Usaha Menjadi Seorang Youtuber


Usaha untuk menjadi seorang youtuber ini, sebenarnya sudah trend di 10 tahun kebelakang ini kok sob. Dan telah banyak orang yang sudah sukses, serta mendulang dollar dari kegiatan menjadi seorang youtuber ini.

Mungkin sobat bertanya - tanya, darimana penghasilan / komisi yang didapatkan jika kita mengupload sebuah video di youtube serta mempunyai chanel yang banyak subscribernya ini. Penghasilan yang didapat dari menjadi seorang youtuber ini ialah, dari iklan yang tayang / tampil di video yang telah sobat upload tersebut. Penghasilannya pun juga lumayan besar kok sob, jika video sobat banyak yang menontonnya (viewer).

Sobat dapat memulai usaha ini dengan membuat sebuah video hasil karya sendiri, baik itu video mengenai tutorial, tips dan trik, review game, acara televisi yang di upload kembali, vlog, dan lain sebagainya. Ataupun sobat dapat menggabungkan beberapa video yang sudah ada di youtube, kemudian di publish kembali menjadi satu video.


13.Usaha Jasa Joki Gamer


Peluang usaha menjadi joki gamers sangat menjanjikan untuk sobat sekalian yang mempunyai hobi di bidang dunia game. Banyak gamers yang membutuhkan jasa joki games yang mereka mainkan. Dan mereka (para gamers) akan memberikan komisi yang lumayan besar bagi sobat sekalian, jika hasil dari jokian sobat memuaskan mereka.

Selain sobat dapat menyalurkan hobi sobat, sobat juga akan mendapatkan uang dari usaha jasa joki games ini. Tidak banyak kok sob jasa joki games yang terpercaya. Tetapi jika sudah menjadi joki games yang terpercaya, maka sobat akan mendapatkan banjir orderan joki dan dicari di games online apapun. Nah itu yang harus sobat build. Menjadi joki games yang terpercaya.

Ingat sob, gamers di satu game dengan gamers di game yang lainnya itu sangat berhubungan erat. Jadi jangan sekali - kali untuk bermain - main (macam - macam) dalam menjalankan usaha ini. Bahaya sob. Bisa jadi sobat sekalian dicari sampai ke kota asal sobat melalui pengecekan IP.

Untuk menjalankan peluang usaha joki gamers ini, sobat sekalian harus terjun langsung dan mengetahui seluk beluk dari game yang akan dijokikan tersebut. Serta sobat juga harus mengetahui dimana tempat farming yang mendapatkan experience yang besar, drop item, membuat equip dan mengupgrade equip, dan lain sebagainya. Sobat dapat memulai usaha ini dengan bermain di game rpg, game petualangan yang levelnya tidak habis sampai sobat pensi, game dota 2 (joki boosting mmr), game point blank, dan game lainnya.


14. Peluang Usaha Afiliasi Marketing


Peluang usaha afiliasi marketing saat ini sangat banyak dijalankan oleh pebisnis online dimanapun mereka berada. Memang untuk memulai usaha afiliasi ini, tidaklah mudah sob. Akan tetapi, jika sobat sekalian telah mengetahui dan memahami cara kerjanya dari usaha afiliasi marketing ini, sobat akan ketagihan untuk mendalami lebih banyak lagi bisnis usaha afiliasi marketing ini.

Untuk lebih mengenal dan paham serta belajar mengenai usaha afiliasi marketing ini, sobat dapat membaca di artikel saya sebelumnya Cara Memulai Peluang Bisnis Afiliasi Tanpa Modal.


15. Usaha Membuat Grup Band / Grup Musik


Peluang usaha selanjutnya ditujukan bagi sobat sekalian yang mempunyai skill / keahlian serta mempunyai hobi dalam bidang musik. Yap, usaha ini sangatlah cocok untuk sobat jalankan. Disamping sobat dapat menyalurkan serta mengembangkan hobi dan skill, sobat juga dapat menghasilkan uang dari usaha sampingan ini.

Usaha untuk membuat / membuka sebuah grup band / grup musik saat ini, sangat banyak diminati oleh para kaula muda. Khususnya buat sobat yang sekarang sedang menjadi mahasiswa di salah satu kampus ternama. Usaha ini pun sangat menjanjikan lho sob, dan apabila sobat dapat mengembangkan band / grup musik sobat ke tingkat yang lebih tinggi, maka dijamin job untuk manggung serta komisi yang akan didapatkan akan meningkat drastis.

Peluang usaha membuat sebuah grup band / grup musik ini memanglah membutuhkan sebuah keahlian, kreatifitas dan inovasi serta kekompakkan anggota dalam menjalankannya. Berikan genre / hal yang unik dari grup band / grup musik sobat. Dijamin, grup band / grup musik sobat lambat laun akan menjadi grup band / grup musik yang banyak mendapatkan job manggung.

Sobat sekalian dapat memulai usaha ini dengan manggung sementara di kampus, di cafe, acara di kota / kabupaten sobat, dan lain sebagainya secara gratis terlebih dahulu untuk mengenalkan grup band / grup musik sobat. Kemudian jika keadaan dirasa telah memungkinkan untuk memberikan tarif, berikan tarif yang sesuai dengan banyaknya antusias dari para penggemar, tayangan pemutaran grup band sobat serta request dari radio, dan lain sebagainya.


16. Bisnis Membuat Aplikasi


Peluang bisnis untuk membuat sebuah aplikasi, baik itu aplikasi (software) untuk laptop / komputer, aplikasi untuk smartphone / android, aplikasi untuk toko online, aplikasi untuk website / blog, aplikasi untuk media sosial, aplikasi game (online atau offline), dan aplikasi - aplikasi lainnya, sangat banyak dibutuhkan dan diminati pada era e - commerce ini sob.

Untuk menjalankan bisnis usaha membuat sebuah aplikasi ini, hal yang paling mendasar yang harus sobat punya adalah skill keahlian di bidang programming dan juga web design. Bisnis usaha ini sangat cocok bagi sobat yang sedang kuliah di kampus / universitas teknologi, komputer serta internet.

Sobat dapat menjual aplikasi - aplikasi hasil karya sobat ini, melalui e - book, media online, jasa pembuatan iklan (audio maupun visual), playstore, dan lain sebagainya sob. Keuntungannya pun lumayan besar, jika aplikasi hasil karya sobat ini sangat berguna dan dapat diterapkan untuk mempermudah aktifitas sehari - hari kita.

Alternatif kedua, jika sobat tidak ingin menjual aplikasi tersebut. Sobat dapat menggratiskan aplikasi ini untuk di download, tetapi ada iklan di dalam aplikasi tersebut (biasanya aplikasi online sob). Yup, komisi sobat dari iklan / advertising network untuk pembuatan aplikasi ini. Bayangkan saja sob, jika aplikasi sobat ini banyak yang menggunakannya atau mendownloadnya, serta setiap saat dibuka akan muncul tampilan iklan, dan sistem pembayaran iklan untuk aplikasi sobat ini adalah per view pengguna aplikasi. Tinggal dikalikan saja sob, berupa pengguna aplikasi sobat yang telah menggunakannya. Ingat sob, ada banyak orang yang menyukai dengan embel - embel kata free / gratis.

Buatlah hasil karya sendiri yang lain dari pada yang lain, berguna, simple, menarik serta unik. Ataupun juga, sobat dapat mengupdate / mengupgrade aplikasi - aplikasi yang sudah ada sebelumnya, kemudian dipromosikan kembali.


17. Usaha Tempat Tongkrongan


Peluang usaha untuk membuka sebuah tempat nongkrong merupakan ide usaha yang sangat menggiurkan untuk sobat sekalian yang masih menjadi seorang mahasiswa. Banyak contoh dan jenis dari usaha tempat tongkrongan ini sob. Misalnya, angkringan, warung kopi / bandrek, cafe, jajan - jajanan dan goreng - gorengan, dan lain sebagainya.

Pada saat ini, banyak sekali muda - mudi yang mencari tempat nongkrong yang asik, fasilitas dan menu yang lengkap, harga yang murah serta atmosfer tempat usaha yang bersahabat. Apalagi tempat nongkrong tersebut dikelola oleh anak muda juga. Sangat lengkap rasanya untuk nongkrong disana.

Mulailah membangun ciri khas yang unik dengan usaha tempat tongkrongan sobat ini. Berikan perbedaan antara tempat nongkrong yang sobat kelola dengan tempat nongkrong lainnya. Hal apa yang membuat pengunjung untuk lebih memilih tempat nongkrong sobat dibanding dengan tempat nongkrong yang lainnya.

Pelayanan yang sangat ramah dan fast respond, akan menambah nilai plus tempat nongkrong milik sobat ini, serta akan membuat usaha tempat nongkrong sobat akan dikunjungi kembali oleh pelanggan yang ketagihan akan kualitas tempat tongkrongan sobat ini.

Untuk membuka usaha ini yang harus sobat perhatikan, diantaranya.
  • Tempat yang strategis, luas dan tidak sumpek, bersih dan menarik (unik), serta cukup luas untuk lahan parkirnya.
  • Modal usaha pastinya.
  • Promosi akan usaha tongkrongan sobat ke teman / saudara / keluarga baik melalui media sosial, radio, selebaran dan lain sebagainya.
  • Peralatan yang menunjang untuk usaha.
  • Atmosfer tempat nongkrong yang bersahabat dan ramah (bisa berupa menambahkan musik, live band, games seru, wifi dan lain sebagainya).
  • Menu yang murah dan enak serta banyak variasinya.
  • Pelayanan yang fast respond dan ramah.

Modal untuk membuka usaha tempat tongkrongan ini pun sebenarnya tidak terlalu besar kok sob, rentang antara 3 juta sampai 20 juta. Tergantung dari sobat ingin membuka usaha jenis apa dan banyaknya peralatan serta dekorasi yang dibutuhkan. Untuk masalah keuntungannya jangan ditanya sob, keuntungan yang didapat dari usaha ini diantara 30% sampai 60%.


18. Usaha Jasa Kuliner / Jasa Katering


Ide peluang usaha selanjutnya adalah usaha jasa katering. Usaha ini ditujukan untuk sobat yang mempunyai keahlian dalam bidang kuliner dan dapat menciptakan kreasi - kreasi menu yang bervariasi.

Banyak sekali yang membutuhkan jasa kuliner dan jasa katering ini kok sob. Mulai dari acara dikampus (berupa nasi kotak, snack, jajan - jajanan / goreng - gorengan, cemilan dan lain sebagainya), acara ulang tahun, acara syukuran, acara anniversary, dan acara - acara lainnya.

Jika sobat tidak mampu untuk membuka usaha ini sendirian, cobalah untuk joint / bekerjasama dengan sahabat / teman / keluarga yang sobat percayai atau yang lebih berpengalaman akan usaha ini. Untuk lebih jelas pembahasan mengenai usaha katering ini, sobat dapat membaca di artikel saya Belajar Memahami Peluang Usaha Katering Untuk Pemula.


19. Usaha Jasa Fotografi


Peluang usaha jasa fotografi ini ditujukan untuk sobat sekalian yang mempunyai hobi dan keahlian dalam bidang fotografi. Tidak banyak orang yang mempunyai keahlian seperti ini sob, apalagi jika hasil karya fotografi sobat sangat menarik dan indah untuk dilihat.

Dalam memulai usaha jasa fotografi ini, sobat tentunya dapat memulai dengan bergabung ke komunitas / grup fotografi. Ada banyak tersebar di dunia internet untuk grup / komunitas dari fotografi ini sob. Silahkan saja dibrowsing.

Modal untuk membuka usaha ini juga tidak terlalu besar kok sob, hanya mempunyai alat lengkap untuk fotografi. Ataupun jika sobat tidak mempunyai alat lengkap untuk jasa fotografi ini, sobat dapat meminjam dari teman atau menyewanya. Jangan terlalu dijadikan penghalang dan hambatan untuk memulai usaha jasa fotografi ini sob.


20. Bisnis Reseller Dropship


Contoh ide peluang usaha selanjutnya yang dapat sobat jalankan adalah bisnis reseller dropship. Perbebedaan yang paling mendasar antara reseller dan reseller dropship ini, sebenarnya ada di stock barang. Jika bisnis reseller biasanya membutuhkan stock produk. Berbeda dengan bisnis reseller dropship, dimana tidak membutuhkan stock produk sama sekali.

Sobat dapat menjalankan bisnis reseller dropship ini, baik itu melalui media online ataupun secara offline. Peluang bisnis ini sangatlah menjanjikan dan sangat mudah untuk dijalankan bagi sobat yang berstatus sebagai mahasiswa. Untuk lebih mengenal lagi dengan bisnis reseller dropship ini, sobat dapat membaca artikel saya sebelumnya Peluang Usaha Reseller Dropshiper Bisnis Online Menjanjikan.


21. Usaha Jasa Event Organizer


Peluang usaha jasa event organizer (EO) menjadi salah satu ide bisnis usaha terakhir dalam artikel kali ini untuk sobat mahasiswa sekalian. Yup, usaha ini pun tidak kalah menggiurkan dibandingkan dengan bisnis usaha diatas.

Jasa event organizer (EO) merupakan usaha yang terdiri dari beberapa orang (tim). Hal yang paling mendasar untuk memulai usaha ini, yaitu dengan membentuk sebuah tim yang handal dan mengerti akan sistem dan cara kerja event organizer ini.

Sobat juga dapat memulai membangun jasa event organizer ini dari lingkungan kampus sobat. Dimana sobat dapat memulai usaha ini dengan menangani acara - acara kecil terlebih dahulu, seperti acara ulang tahun, acara pelantikan gubernur mahasiswa, acara penerimaan mahasiswa baru, acara temu alumni, dan acara lainnya.

Untuk usaha ini, yang harus sobat perhatikan adalah sebuah konsep yang unik dan menarik serta memiliki tim yang solid. Bagaimana caranya untuk membuat sebuah konsep yang sesuai dengan jenis acara yang akan ditangani. Mulailah membangun tim yang solid dan bisa diandalkan dalam kesusksesan serta kelancaran sebuah acara yang akan digelar.

Modal usaha untuk membuka usaha jasa event organizer ini juga tergolong kedalam kecil menengah, yaitu diantara rentang 5 juta - 30 juta. Itupun tergantung dari banyaknya kelengkapan peralatan sobat, pernak - pernik yang akan dipakai dalam sebuah acara, banyaknya tamu yang akan diundang ke dalam acara, dan lain sebagainya.

Mendalami usaha jasa event organizer ini, kemungkinan akan berlanjut di masa yang akan datang sob. Sebab jika jasa event organizer yang telah sobat kembangkan dari saat masa kuliah ini telah menjadi besar dan terkenal, maka sobat tidak perlu lagi untuk mencari pekerjaan pada saat lulus nanti. Dan akan memungkinkan pada saat sobat diwisuda, sobat akan menjadi mahasiswa yang berpenghasilan serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Baiklah sob, saya rasa itu saja mengenai artikel dari saya yang membahas 22 contoh, jenis dan macam, serta rekomendasi ide peluang usaha bagi mahasiswa yang pasti menjanjikan untuk dijalankan. Seperti yang sudah saya tulis diatas, jangan hanya membaca artikle ini saja ya sob, cobalah untuk mempraktekkannya dan memulai untuk membuka sebuah usaha / bisnis sesuai dengan keahlian dan hobi sobat. Sebab, sebuah usaha yang dilatarbelakangi dengan skill dan hobi, pasti akan berbuah hasil.

Daripada sobat sekalian melakukan hal yang tidak jelas / hal negatif dalam mengisi waktu luangnya, ada baiknya memanfaatkan waktu sobat dimulai dari sekarang. Toh ini juga buat masa depan sobat sekalian kok serta merupakan kegiatan yang positif untuk dijalankan.

Ingat sob, masa muda itu adalah masa yang sangat rentan dengan pergaulan yang bisa saja menjerumuskan atau bisa juga mengajak kemajuan untuk masa depan. So, ayo mulai dari sekarang kita menjadi seorang wirausahawan.

Jika menurut sobat artikel ini menarik dan berguna, silahkan dishare. Atau sobat ada ide dan contoh peluang usaha lainnya, dapat menambahkannya melalui kolom komentar atau dapat menghubungi saya melalui menu contact us diatas.

Baca juga sob: Bagaimana Memulai Sebuah Bisnis, Cara Usaha Yang Sukses.

Salam sukses.
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar