6 Tips dan Trik Sukses Berjualan Online Shop

6 Tips dan Trik Sukses Berjualan Online Shop - Selamat Datang Di Informasi Bisnis dan Budidaya Dalam web KICKBISNIS.COM, anda akan menemukan berbagai macam peluang bisnis dan usaha yang menjanjikan peningkatan perekonomian keluarga anda. Info yang anda temukan pada kami kai ini adalah 6 Tips dan Trik Sukses Berjualan Online Shop , Siahkan anda simak baik baik ulasan peluang usaha yang akan kami sampaikan di bawah ini , Semoga saja tulisan ini cocok dengan apa yang anda cari selama ini. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

lihat juga


6 Tips dan Trik Sukses Berjualan Online Shop

6 tips, trik serta bagaimana cara sukses untuk usaha berjualan di online shop. - Bisnis online shop / toko online sangatlah berkembang pesat saat ini, baik itu bisnis online shop di facebook, bisnis online shop di instagram, bisnis online shop dengan membuat website sendiri, dan lain sebagainya.

Bisnis online shop saat ini sangatlah menjamur diberbagai kalangan sob, siapapun dapat melakoninya, mulai dari pemula (newbie), tua muda, miskin kaya, pengangguran karyawan ataupun pemilik usaha, dapat menjalankan bisnis usaha ini, dengan alasan fasilitas internet yang mudah serta cepat. Media pun digadang - gadang agar menjadi sasaran kambing hitam atas menjamurnya peluang usaha bisnis online shop ini.

Selain praktis, tidak repot dan mudah, para konsumen pun lebih menyukai berbelanja secara online dibanding berbelanja manual / secara langsung. Hal ini dikarenakan mereka (konsumen) tidak perlu lagi capek datang langsung ke toko yang bersangkutan untuk membeli produk yang dicari. Dengan adanya toko online shop ini, konsumen tinggal mencari produk yang diinginkan, deal harga dengan penjual dan terakhir transfer ke penjual / toko online. Nah prosesnya pun selesai. Proses inilah yang banyak disukai oleh para konsumen di jaman e-commerce ini.

Banyak kita temui orang yang berjualan online atau membuka toko online shop ini sukses, toko online shop yang laris, dan mendapatkan simpatik dari para konsumennya serta meraih pundi pundi kesuksesannya, tetapi ada lebih banyak lagi yang gagal dalam mengelola bisnis online/toko online shop miliknya.

Cara sukses berjualan online


6 Tips dan Trik serta Bagaimana Cara Sukses Berjualan Online Shop


Inilah cara dan panduan lengkap dalam berjualan online, agar bisnis usaha yang sobat jalankan dapat sukses dan berkembang menjadi lebih besar.


1. Rencana


Sebelum sobat memulai terjun di bisnis berjualan online shop ini, hal yang paling mendasar yang harus sobat sekalian persiapkan adalah Rencana. Rencana disini mencakup.
  • Produk apa saja yang akan dijual sob.
  • Seberapa besar permintaan terhadap produk yang akan sobat jual tersebut.
  • Dimana dan dengan cara apa sobat akan mempromosikan produk tersebut.
  • Siapa sajakah target/pangsa pasar sobat sekalian.
  • Harga produksi serta harga jual dari produk yang akan dijual tersebut.
  • Kemudian tentukan keuntungan.

Hal tersebut ditas dapat sobat lakukan dengan cara mencari / mengecek melalui browsing, tanya dengan teman atau keluarga sobat, survey secara langsung ke pasar, dan lain sebagainya. Ingat sob, hasil yang baik itu pasti karena Rencana yang matang.


2. Jujur


Kejujuran sangat dibutuhkan untuk membangun rasa kepercayaan terhadap konsumen (misal: ada kelebihan uang transfer pembelian barang, beritahukan bahwa telah terjadi kelebihan transfer, masalah konsumen mau dikembalikan atau tidak itu masalah nanti). Kepercayaan ini sangat sulit didapat di jaman sekarang, apalagi kalau kita memiliki bisnis online.

Seperti yang dilansir dari CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa menyampaikan kiat jitu berjualan online supaya barang yang dijual cepat laku. "Kejujuran adalah hal yang utama dalam berjualan. Cantumkan informasi yang benar-benar harus diketahui calon pembeli. Misalnya, kalau jual handphone, handphone yang akan dijual itu ternyata ada baretnya. Seller wajib ngasih tahu calon pembeli, baretnya itu di sebelah mana dan kenapa handphone itu bisa baret."

Menurut Daniel, makin jujur seorang penjual memberi informasi mengenai barang yang dijualnya, makin cepat barang itu laku. Sebab, kejujuran ini akan membantu menumbuhkan kepercayaan dari calon pembeli.

"Nanti akan tumbuh trust dari calon pembeli," tuturnya.


3. Ciptakan Produk yang Inovatif dan Berkualitas


Produk yang Inovatif inilah yang sangat banyak dicari para konsumen, disini sobat sekalian haruslah.
  • Dapat menciptakan inovasi terbaru di setiap jenis produk yang akan dijual.
  • Ciptakan keunggulan yang berkualitas dan murah di produk sobat.
  • Cari tahu apa yang spesial dari produk / toko online shop milik sobat ini (cobalah sobat berlaku sebagai konsumen disini).
  • Kenapa mereka harus memilih produk / toko online shop sobat.
  • Serta agar selalu di ingat kualitas produk sobat jugalah yang menentukan panjangnya durasi umur usaha online shop sobat sekalian.


4. Buatlah Konten Semenarik Mungkin


Memiliki konten yang menarik sangat dibutuhkan dalam membuka sebuah bisnis online shop ini sob. Misalnya, foto produk yang menarik dan elegan, merekrut model untuk menjadi iklan produk sobat (hal ini akan menambah nilai profesional sobat dimata calon pembeli), deskripsi produk yang akan ditawarkan dan dijual.

Baik bagi sobat yang mempunyai website sendiri ataupun perorangan haruslah mempertimbangkan hal tersebut diatas. Ingat, jangan terlalu berlebihan sob dalam membuat konten, hal ini dapat membuat bingung konsumen.

Berikan kemudahan berbelanja untuk konsumen sob. Misanya, bisa kredit tanpa bunga, dapat melakukan COD (cash on delivery), gratis ongkos kirim produk, garansi produk, dan lain sebagainya sob, masaih banyak lagi kok.
Hal tersebut diatas akan sangat menarik perhatian konsumen serta akan menambah nilai plus bagi online shop milik sobat ini.

Kemudian, membuat sebuah keywords yang kreatif untuk deskripsi dari produk yang akan sobat jual tersebut (misalnya, baju yang bisa bicara nih, jaran ada), ciptakan rasa penasaran pada konsumen atau calon pembeli. Jika konsumen penasaran, maka mereka mau tidak mau pasti akan membuka produk sobat tersebut.


5. Konsisten


Konsisten dalam usaha berbisnis di online shop sob, baik itu dari segi brand / merk, jenis produk, serta konsisten terhadap waktu. Konsisten ini sebenarnya sangat berpengaruh pada perkembangan dan kemajuan dari usaha online shop milik sobat ini. Jangan terlalu banyak menjual bermacam jenis brand / merk, fokuskan terlebih dahulu sob. Jika sudah berkembang dan sukses, maka sobat dapat menambahkan merk / brand lainnya.


6. Finishing Touch


Jaga hubungan baik dengan pelanggan sob, hal ini dapat dilakukan dengan cara.

  • Selalu update mengirimkan produk terbaru sobat.
  • Ucapkan selamat di hari spesial konsumen sob (misalnya, selamat ulang tahun pada konsumen sobat disaat hari ulang tahunnya, selamat hari raya, dan lain sebagainya).
  • Selalu merespon dengan cepat permintaan konsumen atau calon pembeli (saran, kritik, pertanyaan, dan lain sebagainya).


Gunakan fitur fitur media yang lagi trend kekinian sob, baik itu media sosial (facebook, twitter, path, dan media sosial lainnya), media informasi (detik.com, kompas.com, dan media informasi lainnya), dan media media lain untuk mempublish atau memperkenalkan produk sobat serta toko online shop milik sobat. Atau juga sobat dapat mengenalkan produk dan toko online milik sobat melalui media iklan serta kerja sama dengan pihak lainnya.

Optimalkan dalam penggunaan media sosial ini, untuk sobat ketahui pemasaran lewat media sosial sangat efektif dan efisien, dikarenakan sobat dapat langsung mengetahui komentar-komentar terhadap produk sobat, juga dapat membagikan testimoni dari konsumen tentang produk sobat (hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk sobat sekalian).

Hati-hati dalam memilih Toko Online Shop, pastikan terlebih dahulu reputasi toko online shop tersebut, tata cara kerja sama, dan meminta saran dari yang berpengalaman terdahulu. Soalnya telah banyak tersedia toko online shop yang abal-abal.

Itulah 6 tips dan trik serta bagaimana cara untuk sukses berjualan online shop. Jika menurut sobat Usaha Tanpa Batas artikel ini menarik dan berguna, silahkan dishare. Atau jika sobat sekalian memiliki tips dan trik serta cara lainnya, silahkan di share di kolom komentar, atau dapat juga menggunakan contact us di atas.

Baca Juga Belajar Memahami Peluang Usaha Katering Bagi Pemula.

Salam Sukses.
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar