Belajar Memahami Peluang Usaha Katering Bagi Pemula

Belajar Memahami Peluang Usaha Katering Bagi Pemula - Selamat Datang Di Informasi Bisnis dan Budidaya Dalam web KICKBISNIS.COM, anda akan menemukan berbagai macam peluang bisnis dan usaha yang menjanjikan peningkatan perekonomian keluarga anda. Info yang anda temukan pada kami kai ini adalah Belajar Memahami Peluang Usaha Katering Bagi Pemula, Siahkan anda simak baik baik ulasan peluang usaha yang akan kami sampaikan di bawah ini , Semoga saja tulisan ini cocok dengan apa yang anda cari selama ini. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

lihat juga


Belajar Memahami Peluang Usaha Katering Bagi Pemula

Bagaimana cara untuk belajar memahami peluang usaha / bisnis katering (catering). - Belajar untuk membuka usaha katering, merupakan suatu peluang bisnis usaha yang sangat cocok untuk sobat pemula yang mempunyai hobi memasak, dimana sobat dapat mengembangkan skill memasak serta dapat mengembangkan potensi wirausaha.

Di artikel kali ini, saya akan membahas Belajar Memahami Peluang Usaha Katering untuk sobat yang belum terbiasa terjun dalam dunia wirausaha. Artikel ini juga merupakan kelanjutan dari artikel saya sebelumnya Rekomendasi Usaha Dengan Modal 3 Jutaan.

Bisnis dibidang kuliner memang tidak ada matinya sob, mengapa demikian? Soalnya makanan merupakan kebutuhan yang sangat primer untuk seluruh makhluk hidup sob, tidak ada makhluk hidup yang dapat bertahan tanpa makan.

Dikarenakan hal tersebut diatas, maka terciptalah sebuah peluang bisnis yang tidak terlalu susah untuk dijalankan jika sobat mempunyai skill di bidang kuliner serta mampu mengelolanya.


Usaha catering pemula


Belajar Untuk Cara Membuka Usaha Catering Bagi Pemula


Mungkin hambatan dan pertanyaan - pertanyaan yang ada dibayangan sobat dalam membuka usaha katering ini (baik itu katering box, katering rumahan, katering kantoran, dan jenis katering lainnya).

  1. Tetapi ditempat saya sudah banyak usaha katering dan bisnis kuliner lain.
  2. Bagaimana caranya saya memulai bisnis usaha ini, sedangkan saya belum pernah punya pengalaman membuka suatu usaha?
  3. Pasti modalnya besar!!
  4. Ah ribet usaha kuliner, mana untungnya dikit.
  5. Perlu tempat yang luas untuk menjalankan usaha ini.
  6. Saya malu buka usaha yang kayak gini, saya kan lulusan universitas ternama.

Saya akan mencoba menguraikan serta menjawab hambatan dan pertanyaan - pertanyaan tersebut, simak di bawah ini.


1. Tetapi ditempat saya sudah banyak usaha katering dan bisnis kuliner lain


Terus kalau sudah banyak, sobat tidak mampu bersaing dengan usaha kuliner lain? Tidak perlu takut dengan usaha kuliner pendahulu sob, cukup lakukan hal ini.

  • Ciptakan menu-menu yang kreatif dan banyak variasi sob.
Sobat sekalian bisa memulainya dengan mencari menu-menu terbaru di internet , menonton program kuliner di televisi, atau pun meminta saran dari orang tua, saudara dan teman-teman.

  • Harga yang bersaing, Kebersihan dan Promo.
Harga murah, enak dan bersih, 3 hal tersebut adalah pondasi awal dalam menjalankan usaha ini. Udah murah, enak dan banyak variasinya lagi, inilah yan akan menjadi nilai plus untuk usaha catering sobat sekalian. Lakukan promo-promo usaha sobat. Dapat dimulai dari sekolahan, kampus, kantor, teman-teman sobat, grup yang sobat ikuti, maupun media-media sosial. Mengapa mereka harus memakai jasa usaha kuliner sobat? Apa yang spesial dari usaha katering sobat ini? Beritahukan keunggulan di usaha kuliner sobat serta perbedaan dengan usaha kuliner yang lain (misal: beli 10 porsi gratis 1 porsi untuk promosi awal).

  • Cara penyajian hidangan dan penataan.
Sobat ataupun pegawai (jika usaha katering nanti sudah besar, pasti memerlukan pegawai sob) harusnya terjun langsung dalam penyajian hidangan ini, buatlah penataan (mulai dari meja, menu, piring, mangkok, dan lain sebagainya) serapi dan semenarik mungkin. Jika dibutuhkan, tunggulah sampai acara yang menyewa katering katering sobat ini telah selesai.


2. Bagaimana caranya saya memulai bisnis usaha ini, sedangkan saya belum pernah punya pengalaman membuka suatu usaha?


  • Sobat dapat langsung memulai bisnis usaha kuliner ini. Jangan terlalu banyak pikiran dan pertanyaan negatif yang ada di benak sobat sekalian, serta jangan menunda-nunda (nantilah, ntarlah, tunggu ada modal, dan lain sebagainya). Lakukan survey langsung terhadap pasar, apa yang sobat butuhkan untuk membuka usaha katering ini. Sebagai contoh, jika sobat ingin membuat nasi kotak, apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan nasi kotak tersebut, berapa biaya yang harus dikeluarkan, apa saja menu yang pas untuk acara A, B, C, D, E . . . Z, berapa harga yang harus dikeluarkan pelanggan untuk 1 nasi kotak sob, dan lain sebagainya.

  • Kemudian siapkan peralatan yang dibutuhkan, misalnya meja lipat, kursi, piring, sendok, mangkok, kompor kecil, karyawan jika dibutuhkan, dan lain sebagainya.

  • Persiapkan tempat kamu sob, dimana sobat harus memasak, tempat untuk meletakkan peralatan sobat, tempat bumbu-bumbu masakan, kulkas khusus untuk usaha sobat (pisahkan mana yang untuk usaha dan mana yang untuk konsumsi keseharian), dan lain sebagainya.

  • Tidak ada seorangpun yang mempunyai suatu usaha dengan adanya pengalaman, mereka yang sukses pasti memulai usaha mereka dari nol sob. Konsisten dalam berusaha, kreatif dan jangan lupa berdoa merupakan kunci utama dalam menjalankan suatu usaha.


3.Pasti modalnya besar!!


Modal disini tidak menjadi patokan dan hambatan dalam membuka suatu usaha. Dalam membuka peluang usaha katering ini, rentang modal yang sobat butuhkan hanya Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 5.000.000,-. Kemudian muncul pertanyaan baru ya sob, saya tidak punya modal segitu. Banyak cara yang bisa dilakukan, sobat dapat meminjam uang di bank (banyak bank yang menawarkan pinjaman besar namun bunganya kecil), memulai usaha dengan joint dengan teman ataupun saudara sobat, ataupun pinjam dari saudara atau kenalan terdekat (biasanya tidak pakai bunga).


4. Ah ribet usaha kuliner, mana untungnya dikit.


Tidak ada satu usahapun yang mudah untuk dijalankan pada saat memulai suatu usaha tersebut sob. Jika sobat mencap sesuatu itu ribet atau susah, maka hal mudah sekalipun akan susah di mata sobat sekalian. Keuntungan dalam membuka usaha katering ini rata-rata 30%-50% dari modal membeli bahan mentah, proses memasak, sampai sudah jadi. Lumayan besar bukan?


5. Perlu tempat yang luas untuk menjalankan usaha ini.


Untuk membuka usaha katering ini, sobat tidak perlu menyewa atau membeli tempat baru yang luas, usaha ini flexibel dan dapat sobat lakukan dirumah, di kostan, ataupun di kontrakan sobat. Manfaatkan yang ada dahulu. Jika usaha kuliner sobat sudah besar, barulah sobat dapat membuat suatu tempat yang khusus untuk usaha sobat ini.


6. Saya malu buka usaha yang kayak gini, saya kan lulusan universitas ternama.


Kenapa harus malu menjalanka usaha katering? Jika sobat sekalian membuat usaha yang ilegal baru lah malu sob, ini kan legal dan menghasilkan pula. Malu bukanlah suatu jaminan yang bisa membuat sobat terpandang di mata mayarakat. Terlebih lagi jika sobat adalah lulusan dari universitas populer, hal ini pasti menambah nilai positif buat usaha sobat. Tunjukkan bahwa sobat adalah lulusan dari universitas yang berkualitas dengan cara menemukan ide-ide yang kreatif dan inovatif.

Sekian artikel dari saya mengenai Belajar dan mengenal bagaimana cara memahami peluang usaha katering bagi pemula serta hambatan - hambatan yang menjadi penghalang dalam membuka bisnis catering ini.

Terima kasih buat sobat yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Jika menurut sobat Usaha Tanpa Batas artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan dishare. Atau mungkin sobat sekalian punya pertanyaan, hambatan dan pemikiran yang lain? Silahkan berkomentar di kolom komentar serta sobat dapat mengirimkan email langsung ke saya melalui menu contact us diatas, saya akan menjawab semua pertanyaan sobat sekalian.

Baca juga 6 Tips dan Trik Sukses Berjualan Online Shop.

Salam sukses.
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar