Burung Cendet Kembang, Bukan Kerabat Jenis Cendet

Burung Cendet Kembang, Bukan Kerabat Jenis Cendet - Selamat Datang Di Informasi Bisnis dan Budidaya Dalam web KICKBISNIS.COM, anda akan menemukan berbagai macam peluang bisnis dan usaha yang menjanjikan peningkatan perekonomian keluarga anda. Info yang anda temukan pada kami kai ini adalah Burung Cendet Kembang, Bukan Kerabat Jenis Cendet, Siahkan anda simak baik baik ulasan peluang usaha yang akan kami sampaikan di bawah ini , Semoga saja tulisan ini cocok dengan apa yang anda cari selama ini. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

lihat juga


Burung Cendet Kembang, Bukan Kerabat Jenis Cendet

Burung Cica Matahari Yang Akrab Disebut Dengan Cendet Kembang Meski tidak ada hubungan kerabat dengan Cendet

Burung Cendet Kembang atau Burung Cica Matahari?
Burung cica matahari atau spotted crocias (Crocias albonotatus). Karena penampilannya sekilas mirip pentet atau cendet, sebagian kicaumania kita menyebutnya dengan nama cendet kembang atau cendet matahari. Tetapi keduanya tidak memiliki hubungan kekerabatan, sebab cendet termasuk dalam keluarga Lanidae, sedangkan cica matahari termasuk keluarga Timaliidae. Makanan utama burung cica matahari adalah buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Mereka juga menyukai serangga kecil seperti jangkrik, ulat, kupu-kupu, katak kecil, dan ikan-ikan kecil. Perbedaan Cendet Kembang dengan Cendet biasa (Lanius Schach) terletak pada warnanya pada Cendet Kembang warna bagian sayap dan sekitarnya coklat tua dan terdapat motif sedikit bergaris di daerah punggung, dengan iris mata berwarna merah menyala.
Burung Cendet Kembang Pentet kembang sering dijuluki dengan nama Cica Matahari. Karena, bentuk fisik kedua jenis burung itu hampir sama.

Tidak hanya diamati dari segi penampilan saja, keindahan cendet kembang juga tampak dari kualitas suara yang dihasilkannya.

Untuk memperoleh suara pentet kembang yang khas serta unik, para pecinta burung harus melakukan perawatan dengan rutin dan tlaten. Dalam perawatan cendel kembang tersebut juga bisa dibilang mudah.

Jenis burung pentet kembang punya sayap dengan warna coklat tua. Pada bagian punggung ce kemndet bang ada motif dengan sedikit garis yang menjadikannya semakin unik. Lalu jenis burung cendet kembang punya iris mata dengan warna merah menyala.
Di Indonesia, burung cendet kembang merupakan salah satu jenis hewan langka endemik yang jarang dijumpai. Bahkan jenis burung ini sudah terancam punah keberadaannya. Berdasarkan data Bird Life Internasional, wilayah persebaran burung ini terbatas di sekitar Jawa Barat. Saat ini masih dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tetapi mulai jarang terlihat (langka) di beberapa kawasan yang dulu juga menjadi habitat burung ini, misalnya di Taman Nasional Gunung Halimun.Dalam jumlah terbatas, burung ini sebenarnya juga masih bisa dijumpai di beberapa kawasan hutan pegunungan di Jawa dan Sumatera. Namun sangat disayangkan, masih ada yang memperdagangkan burung langka dan sudah dimasukkan dalam daftar burung dilindungi di Indonesia. Habitat cica matahari adalah kawasan hutan tropis dan subtropis. Menipisnya populasi cica matahari, sehingga statusnya kini menjadi Near Theatened / NT (Terancam), kemungkinan disebabkan maraknya perburuan liar plus rusaknya habitat mereka.
Burung cendet kembang hidup dengan cara berpasang-pasangan. Dan terkadang juga sendirian serta punya habitat di hutan lebat. Dan makanan burung ini banyak yang mengatakan jika makanan utama pentet kembang yaitu buah pisang. Dengan bulunya yang indah, burung ini banyak disukai kalangan kicau mania.
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar